Cara Membuat Email di Yahoo (Ymail) dan Google (Gmail)

Cara Membuat Email di Yahoo (Ymail) dan Google (Gmail)

Cara Membuat Email di Yahoo (Ymail) dan Google (Gmail)

Gmail (Google Mail) dan Ymail (Yahoo Mail) merupakan dua dari ratusan situs penyedia layanan email terbaik yang ada di internet saat ini, kedua situs tersebut menawarkan layanan untuk membuat email gratis. Layanan atau fitur yang disediakan dari masing-masing situs penyedia layanan membuat email tersebut juga berbeda-beda, tentunya masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Yahoo! Mail mungkin unggul di bagian ruang penyimpanan yang mencapai 1 TB, sementara Google Mail hanya menyediakan 15 GB, namun soal keamanan saya rasa Gmail jauh lebih unggul daripada Ymail karena telah mengadopsi sistem keamanan dua lapis menggunakan no handphone. Sementara untuk urusan desain, kedua situs penyedia layanan email ini saya rasa sama-sama bagus.

Selanjutnya kita akan belajar bagaimana Cara Membuat Email dari kedua situs tersebut, mengingat jumlah pengguna kedua situs layanan pembuatan email tersebut sudah mencapai miliaran akun, itu artinya hampir 1/6 penduduk di bumi telah mendaftar dan membuat email di kedua situs ini.

Artikel ini berisi dua pembahasan :

Pembahasan pertama tentang Cara Membuat Email di Yahoo dan yang kedua adalah tentang bagaimana Cara Membuat Email di Google.

Keduanya tutorial tersebut akan saya lengkapi dengan gambar, dan jika sempat juga akan saya tambahkan video tutorial membuat email untuk lebih memperjelas dan mempermudah teman-teman pemula yang ingin buat email baru.

Oke, sebelum kita masuk pada pembahasan cara membuat email, kita perlu menyiapkan beberapa hal atau bisa juga disebut syarat untuk mendaftar email, yaitu :

  • Nomor HandPhone
  • Komputer / Laptop / Ponsel
  • Koneksi Internet

Itulah ketiga syarat untuk daftar email, saya rasa tidak susah untuk memenuhi ketiga syarat tersebut, jadi langsung saja kita mulai masuk ke pembahasan mengenai cara membuat email di Yahoo dan akan kita lanjut cara membuat email di Google.

Cara Membuat Email di Yahoo Mail (Ymail)


Ymail merupakan web penyedia surat elekrtonik yang dikembangkan oleh Yahoo! Inc dan diluncurkan pada tanggal 8 Oktober 1997 atau 17 Tahun yang lalu.

Banyak yang masih bingung apa perbedaan Yahoo Mail dan Ymail, pada dasarnya baik Yahoo Mail dan Ymail sama saja, Yahoo Mail adalah layanan email dari yahoo dan Ymail adalah akronim dari yahoo Mail.

Yahoo Mail sendiri memiliki berbagai macam domain untuk emailnya, yang kita kenal saat ini mungkin hanya @yahoo.com dan @yahoo.co.id, padahal masih banyak domain lain yang dimiliki Yahoo seperti yahoo.com.ar, yahoo.com.au, yahoo.at yahoo.com.br, yahoo.com.co, yahoo.com.hr, yahoo.cz, yahoo.dk, yahoo.fi dan masih banyak lagi lainnya.

Berikut cara membuat email Yahoo dengan berbagai domain yang disediakan.

  1. Kunjungi https://mail.yahoo.com/?.intl=id

    Cara Membuat Email di Yahoo Mail (Ymail)

    Cara membuat email di yahoo yang pertama tentunya kita harus mengunjungi situs resmi dari Yahoo Mail, dan diatas adalah situs resmi Yahoo! Mail dengan bahasa Indonesia.

  2. Klik tombol biru bertuliskan "Buat Account"

    Cara Membuat Email di Yahoo Mail (Ymail) gambar 2

    Untuk melanjutkan proses membuat email di Yahoo, klik tombol "Buat Account" yang terletak di bagian pojok kanan bawah.

  3. Isikan data diri Anda

    Cara Membuat Email di Yahoo Mail (Ymail) gambar 3

    Pada proses pendaftaran email Yahoo, Anda akan diminta mengisikan data diri seperti Nama, No Handphone dan Tanggal Lahir, isi semua data tersebut lalu klik "Buat Account".

  4. Lanjutkan dengan mengklik tombol "Persiapan Awal"

    Cara Membuat Email di Yahoo Mail (Ymail) gambar 4

    Sampai sini sebenarnya Anda sudah berhasil buat akun email Yahoo. Namun, jika Anda masih butuh 1 email lagi (email ekstra), silahkan lanjutkan membaca.

  5. Klik "Jangan Sekarang"

    Cara Membuat Email di Yahoo Mail (Ymail) gambar 5

    Sesampai di Dashboard Ymail, nantinya akan muncul Pop-Up untuk mengganti tema inbox di akun Ymail Anda, klik  "jangan sekarang" untuk melewatinya.

  6. Masuk ke menu Pengaturan

    Cara Membuat Email di Yahoo Mail (Ymail) gambar 6

    Untuk masuk ke menu pengaturan, caranya arahkan kursor ke icon gear yang ada di bagian pojok kanan atas, lalu pilih menu Pengaturan.

  7. Pilih sub-menu Account > Buat alamat email Ekstra

    Cara Membuat Email di Yahoo Mail (Ymail) gambar 7

    Jika menu Pengaturan sudah terbuka selanjutnya, buka sub-menu Account lalu klik 'Buat alamat email Ekstra' maka Anda akan dibawa ke halaman baru.

  8. Masukkan alamat email baru

    Cara Membuat Email di Yahoo Mail (Ymail) gambar 8

    Pada kolom "Buat alamat Surat Yahoo! baru" silahkan masukan alamat email Yahoo baru yang ingin Anda buat. Lalu klik "Periksa Ketersediaan"

  9. Jika tersedia lanjutkan prosesnya

    Cara Membuat Email di Yahoo Mail (Ymail) gambar 9

    Jika muncul pemberitahuan bahwa alamat email tersebut tersedia lanjutkan dengan cara mengklik tombol "Pilih" lalu ikut prosesnya sama seperti cara membuat email yahoo diatas.

Saya ucapkan selamat kepada Anda, karena telah berhasil buat email di Yahoo. Selanjutnya kita akan belajar bagaimana cara membuat email di Google Mail (Gmail) dari awal sampai jadi.

Cara Membuat Email di Gmail (Google Mail)


Gmail merupakan situs layanan email yang didirikan oleh Google dan diluncurkan untuk umum pada tahun 1 April 2004. Meski umurnya baru 10 tahun, namun Gmail telah memiliki lebih dari 500 juta pengguna aktif, nyaris melampui Yahoo Mail.

Yang saya suka dari Gmail adalah fitur Tab, sebuah fitur yang memungkinkan penggunanya untuk memilah dan mengkategorikan setiap email yang masuk berdasarkan pengirimnya, misal kita bisa mengelompokkan email dari media sosial seperti Facebook, Twitter, Google+, LinkedIn pada Tab Social, untuk email bisnis juga bisa kita masukkan di Tab Bisnis.

Untuk Anda yang berniat buat email di Google, silahkan ikuti tutorial lengkap Cara Membuat Email di Gmail dibawah ini.

  1. Buka https://accounts.google.com/SignUp

    Cara Membuat Email di Gmail (Google Mail)

    Jika sudah terbuka silahkan Anda masukkan semua data yang diminta, seperti :

    • Nama
    • Username
    • Password
    • No Handphone
    • Tanggal Lahir
    • Email Alternatif

    Isi semua kolom tersebut dan jika sudah silahkan klik "Next Step".

  2. Pilih metode verifikasi

    Cara Membuat Email di Gmail (Google Mail) 2

    Ada dua pilihan metode yang bisa Anda gunakan untuk proses verifikasi akun Gmail :

    • Text message (SMS)
    • Voice Call (Telpon)

    Pilih salah satu, saran saya pilih saya SMS.

  3. Masukkan kode verifikasi

    Cara Membuat Email di Gmail (Google Mail) 3

    Buka handphone Anda lalu ketik / masukan kode verifikasi yang dikirim oleh Google pada kolom yang sudah disediakan.

  4. Klik "Get Started" untuk melanjutkan

    Cara Membuat Email di Gmail (Google Mail) 4

    Sampai disini Anda sudah berhasil buat email di Gmail, selanjutnya silahkan Anda klik Get Started untuk masuk ke dashboard akun Gmail Anda.

Lengkap sudah pembahasan di artikel ini, dari mulai cara membuat email di yahoo sampai cara membuat email di Google sudah saya informasikan kepada Anda, semoga informasi sederhana tentang proses membuat email ini bisa bermanfaat, khususnya untuk teman-teman yang masih bingung bagaimana cara membuat email, baik di Yahoo maupun Google.
First