5 Cara Mendapatkan Uang dari Blog Mudah, Cepat & Gratis

5 Cara Mendapatkan Uang dari Blog Mudah, Cepat & Gratis

5 Cara Mendapatkan Uang dari Blog Mudah, Cepat & Gratis

Ada banyak cara dan ribuan media gratis yang bisa kita manfaatkan untuk mendapatkan uang dari internet, salah satu contohnya yaitu dengan media blog. Alasan utama kenapa saya memilih menggunakan blog untuk mencari uang di internet adalah karena blog memiliki power yang luar biasa untuk segala hal seperti branding maupun marketing.

Masalahnya, masih banyak teman-teman blogger pemula yang merasa bingung bagaimana cara menghasilkan uang dari blog, dari mana harus memulai ? apa yang harus dipersiapkan ? sampai ada juga yang takut untuk cari uang di blog karena tidak memiliki rekening.

Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut akan Anda dapatkan di artikel ini, jadi secara garis besar disini saya akan menjelaskan tentang :

  • Lima Cara Mendapatkan Uang dari Blog
  • Cara Mencairkan Penghasilan Ngeblog Tanpa Rekening

Sengaja saya bedakan menjadi dua cara agar nantinya Anda mudah memahaminya, baik langsung saja kita bahas poin pertama mengenai cara mendapatkan uang dari blog (berdasarkan pengalman) dan akan dilanjut cara mencairkan penghasilan.

Cara Mendapatkan Uang dari Blog


Kalau boleh jujur sebenarnya ada ratusan cara mendapatkan uang dari blog namun tentunya dari sekian banyak cara mendapatkan uang dari blog tersebut tidak semuanya benar-benar tebrukti atau terpercaya. Untuk itu di artikel ini, hanya akan saya berikan 5 cara mendapatkan uang dari blog yang sudah terbukti membayar.

1. Menyewakan slot iklan Mandiri


Cara mendapatkan uang dari blog yang pertama dan sekaligus menjadi cara yang paling saya rekomendasikan untuk para blogger pemula adalah dengan menyewakan slot iklan. Pasalnya dengan menawarkan slot iklan secara mandiri (langsung ke advertiser) maka kita akan bisa dengan cepat dapat uang secara mudah dan tentunya gratis.

Kenapa saya katakan cepat ? karena nantinya kita akan mendapatkan uang di awal perjanjian, hal ini jelas berbeda dengan menjadi publisher atau Menyewakan slot iklan dengan sistem PPC, dimana notabenya bayaran atau uang akan diberikan pada akhir bulan.

Untuk menjadi publisher mandiri, pertama-tama yang harus Anda siapkan tentunya adalah :

  • Blog : Usahakan memiliki blog dengan jumlah pengunjung ratusan.
  • Proposal : Tidak wajib, tapi jauh lebih baik jika ada.

Banyaknya uang yang akan didapat dari bisnis iklan ini tergantung dari berapa banyak jumlah pengunjung di blog, selain itu topik dari blog juga akan menentukan mahal / murah harga slot iklan.

Kelebihan :

  • Pembayaran dimuka
  • Penempatan iklan bisa dimana saja (sesuai kespakatan)

Kekurangan :

  • Kita harus mencari advertiser
  • Harga per slot iklan relatif murah

2. Menggunakan iklan PPC


Apa itu PPC ? PPC adalah akronim dari Pay Per Click yang jika diartikan dalam bahasa indonesia artinya kurang lebih dibayar per klik. Disebut demikian karena memang penghasilan yang akan kita peroleh tergantung dari berapa banyak klik yang kita dapat.

Mendaftar sebagai publisher PPC merupakan alternatif cara mendapatkan uang dari blog terbaik, jika Anda kesulitan menjadi publisher mandiri atau susah dalam mencari advertiser yang tepat.

Dibalik kelebihan tersebut, tersimpan kelemahan, dimana kita tidak punya kontrol penuh atas iklan yang akan kita pasang, karena disini kita harus menaati aturan yang telah dibuat oleh Network selaku penghubung antara publisher (kita) dan advertiser (iklan).

Syarat untuk menjadi publisher PPC terbilang lebih sulit dibanding menjadi publisher mandiri, karena publisher dituntut bukan hanya memiliki pengujung yang banyak tapi juga harus memiliki konten yang berkualitas dan beberapa Network tidak mengijinkan artikel copas (copy paste) jadi harus artikel original.

Kelebihan :

  • Hasil dari 1 slot iklan terbilang besar
  • Tidak perlu repot-repot mencari advertiser

Kekurangan :

  • Kita tidak punya kontrol penuh atas iklan
  • Harus patuh dengan aturan yang dibuat Network

3. Mempromosikan produk Sendiri / Orang Lain


Selain menjual slot iklan, Anda juga bisa membuat blog untuk ajang promosi. Seperti yang kita semua ketahui bahwa potensi untuk mendapatkan pelanggan dari blog terbilang sangat besar, karena itu perlu memanfaatkannya untuk mempromsikan produk sendiri maupun produk dari orang lain.

Jika Anda fokus membuat blog sebagai media promosi, maka saran saya pilihlah template dengan style online shop. Kabar baiknya, tersedia banyak sekali template toko online untuk blog yang bisa kita download secara gratis, seperti contohnya :

  • JohnyMagstore
  • BloggerStore

Kedua template online shop tersebut adalah buatan anak negeri, jadi kita harus bangga menggunakannya.

Cara mendapatkan uang dari blog dengan menjadikan blog sebagai toko online akan mendatangkan dua penghasilan sekaligus untuk Anda, yang pertama adalah langsung dari penjualan produk dan yang kedua adalah dari advertisement (iklan).

Kelebihan :

  • Tidak perlu bergantung pada advertiser
  • Meningkatkan penjualan produk

Kekurangan :

  • Persaingan terbilang ketat

4. Membuka Jasa Review


Selain menyewakan spot iklan, menggunakan ppc atau mempromosikan produk, masih terdapat cara mendapatkan uang dari blog lain yang tak kalah menguntungkannya, yaitu dengan membuka jasa review.

Cara kerja dari sistem review ini terbilang sederhana, tugas Anda hanya perlu mencari orang yang tepat untuk ditawarkan layanan jasa review, jelaskan pula manfaat yang akan didapat dari calon konsumen jika menggunakan jasa review Anda.

Penghasilan yang didapat dari 1x review sangatlah beragam, namun rata-rata untuk artikel berbahasa indonesia biasa dihargai 50rb - 500rb.

Meski penghasilan yang didapat besar, namun cara mendapatkan uang dari blog dengan membuka jasa review terbilang berat, karena Anda dituntu untuk mahir dalam membuat ulasan suatu produk, selain itu waktu yang dibutuhkan untuk membuat 1 artikel review juga tidaklah sebentar.

Kelebihan :

  • Penghasilan yang didapat sangat besar

Kekurangan :

  • Tidak banyak pengiklan
  • Membutuhkan waktu yang relatif lama
  • Dibutuhkan keahlian menulis yang baik

5. Menjual Blog


Jika dirasa keempat cara mendapatkan uang dari blog yang saya jelaskan diatas dirasa hasilnya kurang memuaskan, maka Anda perlu mencoba cara yang satu ini. Yap, berternak blog lalu menjualnya, merupakan cara paling efektif dan efisien, jika Anda ingin mendapatkan uang dari blog secara cepat.

Beberapa orang sengaja membuat blog untuk dijual kembali, sistem seperti biasanya dilakukan oleh orang-orang yang jago SEO atau paling tidak mereka yang sudah mahir dalam mendatangkan pengunjung ke blog.

Jadi sistem atau cara kerjanya adalah mereka membuat blog baru lalu menjualnya kembali.

Kelebihan :

  • Mendapatkan hasil yang besar secara cepat
  • Banyak peminat / pembeli

Kekurangan :

  • Tidak semua blog dihargai mahal
  • Tidak cocok untuk pemula yang baru Belajar SEO

Dari sekian banyak cara mendapatkan uang dari blog diatas, pilihan saya tentunya adalah dengan menjadi publisher PPC, karena hasil atau uang yang kita dapatkan dari blog terbilang besar, meskipun ada aturan yang mengikat.

Cara Mencairkan Penghasilan Ngeblog Tanpa Rekening


Sesuai jani saya diatas, berikut akan saya berikan cara mencarian penghasilan dari ngeblog tanpa rekening, jadi Anda tinggal siapkan KTP.

Cara yang saya gunakan adalah melalui WU . Apa itu WU ? WU (Western Union) adalah layanan pengiriman uang ke berbagai negara. Untuk Anda yang belum memiliki rekening namun ingin mendapatkan uang dari blog, bisa menggunakan layanan pencairan dari WU, dimana syaratnya hanyalah No MTCN dan KTP saja, lalu datangi kantor pos / bank untuk mencairkan dana.

Yang perlu dicatat adalah pilihlah Network yang menyediakan layanan pembayaran via WU, seperti misalnya :

  • Google AdSense
  • Google Affiliate Network

Alternatif lain Anda bisa mencoba mencairkan uang melalui PayPal. Banyak network yang support pembayaran via PayPal, misal PPC AdFly.

Kesimpulan

Apapun cara mendapatkan uang dari blog yang Anda pilih, kunci utama untuk mendapatkan penghasilan yang besar ada pada pengunjung, jadi semakin banyak pengunjung di blog Anda, maka akan semakin besar pula penghasilan yang akan Anda dapatkan.
Latest
Previous
Next Post »